Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengukuhan Rat Yarbadang Ke -10 Tahun 2024

Pengukuhan Rat Yarbadang Ke -10 Tahun 2024



Tetoat, Liputan21.com - Pengukuhan Rat Yarbadang Ke - 10 Tahun 2024 ini Sambutan Pj. Bupati Maluku Tenggara.ohoi Tetoat kecamatan Hoat sorbay, kabupaten Maluku tenggara. Rabu, 3/7/2024


Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tual, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Dewan Rat Lor Siw, Lor Lim dan Lor Lobay, Tokoh Agama Se-Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Saudara Penjabat Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda serta seluruh Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.


Kace Rahayaan yang mewakili pejabat bupati Malra, Jasmono menyapa yang para tamu undangan yang Hadir pada pelaksanan Rat Yarbadang yang baru dikukuhkan, Darwis Renhoran tersebut dalam bahasa daerah ( kei) Renang, Avang, Bungte, Yamang, Miming, Bung Teran, Ang-Waring Ning Tuv Teran, U Loang / U Ivuk / U Nganik... Im Besa, Utbe Ujo.



Mengawali sambutan Pj. Bupati yang di wakili, Kace Rahayaan mengajak semua tamu undangan yang Hadir memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat, rahmat dan RidhoNya, kita diperkenankan menghadiri pelaksanaan Pengukuhan Bapak Darwis Renhoran sebagai Rat Yarbadang.


Lanjutnya atas nama pemerintah daerah dan Seluruh masyarakat Maluku Tenggara mengucapkan Selamat atas Pengukuhan ini.


Saya berharap, semoga melalui pengukuhan ini, dapat memberi manfaat dan Kontribusi yang besar bagi tatanan adat di Bumi Larwul Ngabal serta mampu menopang kinerja pemerintahan di kedua daerah bersaudara ini, yakni Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.


Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengutip pesan sebagai warisan leluhur kita, dimana sebagai Seseorang yang diangkat sebagai Raja dalam tradisi kearifan lokal kita, terdapat 7 (Tujuh) Prinsip, yang berhubungan dengan Kepemimpinan, antara lain:

Pertama; I Vel Yanar, Vavu Yab-yab Ne Mad Waleuw Yang artinya Sebagai Pengayom, Pelindung dan Penuh Hati Ke-Bapaan.

Kedua, I Vel U’un Yahan Yang Artinya Menjadi Mata Bagi Masyarakat, Mulut Bagi Masyarakat, Pikiran Bagi Masyarakat dan Hidup Untuk Masyarakat.

Ketiga, I Vel Aftetat Jaw Ne Tut Mas Yang Artinya sebagai Seorang Raja Haruslah Adil, Jujur dan Terpercaya. Antara Keputusan, Kata – kata dan kehidupan Kesehariannya harus Konsekwen dan Berwibawa.

Keempat, I Vel Bulin Sin Kav Sutra Yang Artinya Arif Menelisik dan Anggun dalam Merajut. Yang Secara lebih Mendalam diartikan bahwa menjadi seorang Raja diharapkan dalam kewibawaan Adatnya, hendaknya dapat mendalami dengan Arif dan Bijaksana, tulus tanpa Berpihak. Jiwa Kebapaannya agar dapat dikedepankan serta menjadi tokoh sentral dalam merajut tali silaturahmi.

Kelima, I Vel Ahil Kaneuw, Yang artinya Sebagai seorang Raja, hendaknya dapat Cepat Tanggap terhadap Suka dan Duka Rakyatnya. Seorang Raja Harus Tetap Tegak Berdiri ditengah-tengah masyarakat sebagai Model guru Kehidupan.

Keenam, Mel Yanan Sukat Saran, Ne Tiok Na Nabang  Yang Artinya Sebagai pemimpin, Harus mampu Menjaga Kearifan Kata, Sikap dan Tingkah Laku sehingga selalu Diharapkan, Dirinduhkan dan Didambakan oleh Rakyatnya.

Ketujuh, Vu’un En Vet Na’a Ngad, U Mas Ne Ainar But Yang Artinya Menjadi Seorang pemimpin, Hidupnya dan Keluarganya harus memancarkan Kemuliaan dan Semarak, Keanggunan dan Kearifan.


Selain Ketujuh Prinsip Kearifan lokal itu, maka sebagai seorang Raja, harus mampu juga berdiri teguh menjaga, menghidupi dan memegang teguh Hukum Adat Larwul Ngabal yakni :
1. Uud entauk atvunad
2. Lelad ain fo mahiling
3. Uil nit enwil rumud
4. Lar nakmot na rumud
5. Rek fo kilmutun
6. Morjain fo mahiling
7. Hira i ni fo i ni, it did fo it did


Yang saya percaya, sangat dipahami oleh semua Raja di Kepulauan Kei ini.


Menjadi Pemimpin, tidak lepas dari masyarakat dan Tatanan Adat dengan kata lain “Utin Adat Vakbo, N’ Ot Rat Na Dunyai. Adat En’Laan Hormat.


Pemerintah Daerah berharap, Rat Yarbadang yang baru Saja Ambil Sumpah dan dikukuhkan ini, dapat menjadi Mitra Pemerintah Daerah dalam menjaga tatanan Adat-Istiadat yang Hidup dan Berkembang dalam masyarakat serta turut serta membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Daerah, terlebih khusus mendukung agenda percepatan pengukuhan Kepala-kepala Ohoi Definitif, sehingga roda pemerintahan Ohoi dapat berjalan dengan optimal.


Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mau menitip pesan untuk seluruh masyarakat Ratschap Yarbadang, bahwa saat ini, sedang hadir dan berlangsung Wonderfull Sail To Indonesia Rally 2024, yang dihadiri oleh Para Yachter dari kurang lebih 16 Negara Asing.


Saya berharap, kita semua dapat menjaga situasi Kamtibmas di masyarakat, karena keamanan dan kenyamanan para Wisatawan akan sangat berdampak positif bagi perkembangan industri Pariwisata di Daerah ini.


Mari kita tunjukan, bahwa kita Orang Kei adalah Orang yang beradab dan ramah dengan siapapun. 

 

Akhirnya, sekali lagi, saya atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, mengucapkan selamat dan sukses atas pengambilan sumpah dan pengukuhan Bapak Darwis Renhoran sebagai Rat Yarbadang yang ke-10. (Kef21) 

Posting Komentar

0 Komentar