Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Malra Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024

KPU Malra Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024


Langgur, Liputan21. Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malra menyelenggarakan Peluncuran Tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2024, sabtu (29/06/24) malam.

Peluncuran tahapan pilkada yang berlangsung di stadion Maren  itu ditandai dengan penekanan telapak tangan secara bersamaan oleh Pj. Bupati Malra Jasmono, Ketua KPU Malra, Rahmat Basuki Oat bersama Forkompinda Malra didampingi Komisioner KPU dan Sekretaris KPU.

Ketua KPU Malra, Rahmat Basuki Oat dalam sambutannya mengatakan bahwa peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati serta perkenalan maskot dan jingle adalah merupakan rangkaian tahapan agenda pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

“Yang mana momen ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan tahapan Pemilukada yang tahapan-tahapannya sangat panjang melalui peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Malra berdampak hasil pada sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat dengan baik,” ucapnya

Basuki berharap semua elemen masyarakat mendukung tahapan pilkada agar dapat berjalan dengan adil, aman, tertib dan tanpa kecurangan.

“Saya mengharapkan seluruh elemen masyarakat agar terus mendukung tahapan pilkada serta tetap menjaga ketertiban dan keamanan hingga puncak pemungutan suara pada tanggal 27 November mendatang dengan aman tertib dan damai,” ajaknya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Malra dan semua pihak atas dukungan selama ini dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg yang terlaksana dengan baik sampai pada momentum ini.

“Saya atas nama lembaga, juga menyampaikan kepada kita semua bahwa kini kita telah berada pada tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, yang telah dimulai.

Olehnya, dibutuhkan kolaborasi antara pemangku kebijakan tingkat pemda, lurah camat dan kepala desa dengan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang sementara melakukan pencocokan data dengan akan mendatang mendatangi rumah-rumah warga.

“Kepada seluruh PPK, Panwas supaya dapat memenuhi komitmen bersama, membangun kerjasama dan kemitraan dalam sukses agenda pemilihan Bupati dan wakil Bupati Malra tahun 2024,” kata ketua KPU mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut, Basuki juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan KPU Maluku atas bimbingan dan arahannya dalam mendorong upaya pilkada yang jujur, adil serta peningkatan SDM penyelenggara pemilihan yang berintegritas berkualitas dan dapat dipercaya.

“Kepada TNI dan Polri, saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam perencanaan kolaborasi pengamanan seluruh tahapan Pilkada ke depan, baik Bupati dan Wakil Malra serta Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku,” pungkasnya 

Sementara itu, Pj. Bupati, Jasmono  yang  mengharapkan dukungan terutama jajaran pemerintah daerah, aparat keamanan TNI-Polri, tokoh masyarakat dan unsur lainnya bersama-sama bergandeng tangan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 dengan aman lancar dan damai.

“Saya menghimbau agar sama-sama menjaga situasi di daerah ini agar tetap aman dan kondusif, sehingga penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati pada tanggal 27 November 2024 nanti juga berjalan dengan baik,” pesannya.

Dengan diluncurkannya tahapan pemilihan kepala daerah ini. Jasmono mengharapkan seluruh masyarakat Malra turut serta dan berperan aktif dalam mewujudkan pemilihan yang adil, jujur dan demokratis.

Di kesempatan yang sama Wawan Kurniawan Selaku Anggota KPU Propinsi Maluku,dalam sambutan mengatakan, selaras dengan harapan masyarakat yang memimpikan kemajuan Kabupaten Maluku Tenggara, maka KPU memberikan pelayanan, rasa nyaman dan rasa bahagia dalam pesta demokrasi di Bumi Larvul Ngabal.

“Kami akan menjadi manajerial konflik yang legal untuk menjaga martabat dan kualitas dari proses demokrasi di Maluku Tenggara”Ucapnya.

Menurutnya, kegiatan Launching ini merupakan media sosial untuk menandakan bahwa pesta demokrasi telah dimulai. Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dan meningkatkan kualitas pesta demokrasi.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Penjabat Bupati Maluku Tenggara yang telah memberikan dukungan kepada KPU Malra untuk mensukseskan pilkada Maluku Tenggara”Jelasnya.

Kurniawan juga mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang sudah mendukung dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi.

Di akhir sambutan, Kurniawan mengajak masyarakat yang hadir untuk mengatakan Yel-Yel. “Kalau saya mengatakan Pilkada 2024, Masyakarat katakan, Sukses, sukses, sukses” Tutupnya

Sebelumnya, Ketua Panitia penyelenggara KPU, Johozua Putnarubun dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah menyebarkan dan menginformasikan secara luas dan massif tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku , Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku tenggara Tahun 2024.

Selain itu, mendorong tingkat partisipasi masyarakat pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malra Tahun 2024 pada Rabu 27 November 2024.

Sedangkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni untuk mewujudkan dan mensukseskan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku tenggara Tahun 2024 yang bermartabat adil dan jujur untuk kesejahteraan masyarakat 

Acara peluncuran ini juga diwarnai dengan penampilan budaya dan tari-tarian, penyanyi ibu kota Keisya Levronka dan Dj. Natalie Holscher serta pemberian hadiah kepada pencipta Jingle dan Maskot Pilkada Kabupaten Maluku tenggara 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Malra, Anggota KPU Propinsi, Wawan Kurniawan Susanto, Komisaris dan Sekretaris KPU Malra, Ketua KPU kota tual serta jajranya ,Pimpinan OPD, Ketua dan anggota Bawaslu, Pimpinan partai politik, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

(Kef21)


Posting Komentar

0 Komentar