Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

High Level Meeting Tim ETPD Kota Tual




Tual, Liputan21.com - High Level Meeting Tim ETPD, bertempat di Aula Kantor balai kota tual. Di buka secara resmi oleh Pj wali Kota tual, Rabu, 19/6/2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pi. Sekda Kota Tual, Staf Ahli Walikota Tual, 
Asisten, Kepala OPD, Kepala Badan/Bagian, Kepala Bl Perwakilan Maluku yang bergabung lewat zoom meeting :

Kepala BRI Cab Tual dan Ka.BPDM Malut selaku narasumber pada HLM ini
Serta para pimpinan instansi vertical: KPPN, Pajak,Para pimpinan BUMN dan Perbankan, manager Perusahaan .

"Dalam kesempatan tersebut Pejabat wali Kota tual, A.Yani Renuat mengatakan dalam suasana penuh damai, sehat, dan tentunya selalu dengan energy baru, optimis untuk memberikan upaya terbaik bagi Masyarakat, dan keluarga dan khusus untuk diri kita sendiri. 

Sebelumnya saya ingin mengucapakan
selamat Hari Raya Qurban, 10 Dzulhijah 1445 H, meski sudah lewat 2 hari yang lalu, insyaAllah semangat dan keihklasan berQurban menjadi berkah bagi kita semua, sebagaimana kita semangat dan Ikhlas untuk selalu bekerja dan melayani masyarakat sebagai pengorbanan kita.

Di era modern saat ini, pemanfaatan internet menjadi gerakan digital atau digitalisasi menjadi kebutuhan hidup, rasanya hidup tanpa internet seperti sayur tanpa garam, baik untuk kebutuhan pribadi, kebutuhan dunia usaha dan atau untuk pelayanan public pemerintahan. 

Jika kita mengacu pada Pepres 82 Tahun 2023 yang mengatur tentang percepatan transformasi layanan digital dan keterpaduan pelayanan, dan beberapa
regulasi lainnya yang sudah mengarahkan pelayanan secara digital pada semua aspek pemerintahan maka elektrifikasi pada Belanja dan pendapatan serta pelayanan public lainnya menjadi sebuah keharusan bagi pemerintah Kota Tual untuk diberikan sebagai bagian dari service excellent pada masyarakat. 

Bahkan hasil survey yang dirilis oleh
Kemen info RI, Penelitian McKenzien Company tentang digital public service, digitalisasi dapat menghemat 50 waktu pelayanan dan anggaran 50% dikemudian hari sehingga ini akan lebih menguntungkan kita sebagai pemerintah dan memberikan manfaat besar bagi
Masyarakat.

Sebagaimana High Level Meeting ETPD sebelumnya, saya selaku Penjabat Kepala
Daerah mengikuti perkembangan ETPD Kota Tual, Penilaian Indeks Elektronifikasi.

Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) oleh Bank Indonesia Pada Semester il Tahun
2023, Kota Tual masih pada Kategori Berkembang. Dan tidak ada peningkatan
dari tahun 2022. Pada beberapa daerah lain di Propinsi Maluku justru sudah masuk pada Kategori Maju dan Digital misalnya MBD, Kep Aru serta Kota Ambon. Dan kita akan menunggu hasil IETPD Semester I Tahun 2024, apakah Kota Tual masih Berkembang atau sudah
naik satu tahap menjadi Maju dan atau Digital, tergantung pada kita semua.

Terutama ETPD Pengelola Pendapatan dan Pengelola Keuangan Daerah. Dan terima kasih kepada pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Maluku yang senantiasa mengawal ETPD ini pada kabupaten/Kota termasuk Kota Tual, selain pada Upaya pengendalian inflasi.

Perkembangan pemanfaatan digital sangat terasa pada dunia perdagangan, transaksi belanja online menjadi opsi yang semakin diminati oleh Masyarakat, bukan hanya di Kota besar, bahkan di Kota Tual pun transaksi perdagangan semakin menjadi gaya hidup, belanja tanpa tunai, cukup dengan handphone semua menjadi mudah. 

Tidak perlu kemana-mana namun bisa belanja dimana-mana. Seperti itulah dunia digital, seolah menjadi hantu yang dibutuhkan dan dicari. Kita makan di warung/UMKM, belanja di geral
modern seperti Alfamidi, Asmart, Gm Mart dsb, cukup membawa hp, sehingga
kemudahan ini membuat masyarakat semakin senang berbelanja di toko modern/geral modern.

Keberadaan toko moderrn/supermarket menjadi tantangan bagi pasar Maren Tual, sehingga pasar harus didorong menjadi pasar yang digital baik dari aspek e payment/pembayaran, pengelolaan retribusi, marketing, delivery order
bahkan monitoring harga dan supply logistic selain penataan dari aspek fisik bangunan, manajemen pengelola yang harus diperbaiki, penataan pedagang dan jalur lalu lintas jalan sehingga pasar rakyat memiliki daya saing dan pemberdayaan pelaku UMKM di pasar.

Dikesempatan ini saya ingin pula menyampaikan dan mengingatkan kita semua bahwa tanggal 17 Juli 2024 merupakan HUT Kota Tual ke 17 sehingga usia 17 ini menjadi momentum transformasi pelayanan public pemerintahan Pemda Tual, Peran Tim ETPD sangat besar dalam mendorong digitalisasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

sehingga saya selalu ingatkan agar para pimpinan OPD untuk lebih semangat dan cepat melakukan adopsi baik berupa adaptasi, modifikasi maupun replikasi inovasi digitalisasi wilayah lain, sehingga Kota Tual tidak tertinggal dari wilayah baik Sulawesi, Jawa.

Tentunya dukungan dari Bank Pembangunan Daerah Maluku Malut sangat diharapkan dengan cepat merespon kebutuhan elektronifikasi pada OPD-OPD lain selain pada Dinas
Perdagangan dan Perindustrian Kota Tual.

Terima kasih pula pada perbankan lainnya
yang telah membantu mendorong digitalisasi pada ekosistim pasar dengan
memperkenalkan ORIS Sebagai salah satu kanal pembayaran, meski kita semua tahu
pemanfaatan masih belum maksimal oleh Masyarakat.

Pada HLM ETPD ini, dengan terima Kolaborasi perluasan layanan digital pada Pasar Maren guna mewujudkan Pasar Tual Digital di Indonesia, merupakan sebuah terobosan baru dan menjadi motivasi bagi pimpinan OPD lainnya, bahwa pasar saja bisa didorong
kuat untuk digitalisasi dan tentunya pemerintah harus lebih kuat membentuk ekosistim digital dalam tubuh Pemda Kota Tual dengan kata lain ekosistim digital harusnya lebih kuat terbentuk pemerintah daerah kemudian di masyarakat.

Mari kita melihat lagi aspek infrastruktur Sarana dan prasarana digitalisasi, Aspek
implementasi, aspek regulasi ETPD agar IETPD Kota Tual akan semakin maju dan digital apakah asih ada yang perlu c
di tingkatkan atau seperti apa peta permasalahan ETPD Kota Tual.

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, Tim ETPD perlu didorong untuk membantu
terwujudnya Pasar Tual Digital karena akan berdampak multiflye effect bukan saja pada pasar namun jug apada rantai pasok mulai dari hulu hingga hilir. 

(Kef21)

Posting Komentar

0 Komentar